PRABOWO TRIPURYANTO

JALAN BAMBU KUNING RT 01/04, NOMOR 99A, PONDOK BETUNG, PONDOK AREN, TANGGERANG SELATAN.

SELAMAT DATANG DI BLOG TRIPDADAKAN

SEMUA BISA DIATUR SOBAT.

TRIPDADAKAN

SEPUTAR TOURING, WISATA ALAM, MENDAKI GUNUNG DAN INFORMASI TENTANG INDONESIA.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA SOBAT SEMUANYA, KAPAN2 MAMPIR LAGI YAAH.....

Dicari Kesederhanaan,kerendahan hati,ketenangan,kecerdasan. Walaupun semua berlomba2 mencari muka dan melakukan tindakan diluar norma dan mengunakan berbagaai cara. tetap tersenyum dan ikhlas..karna puncak tidak mudah di tempuh butuh proses kawan :).

Minggu, 08 September 2013

GN.RAKUTAK “1921MDPL” LINTAS DANAU CIHARUS.

GN. RAKUTAK 1921 Mdpl

Gunung Rakutak, pendakian bersama sahabat, letaknya di kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah satu gunung yang menjadi kebanggaan para pendaki. Sesuai dengan namanya, kecamatan PACET, saat melakukan perjalanan dari Gunung Rakutak menuju Danau Ciharus, kita akan menemui PACET yang begitu banyak. Perjalanan menuju Danau Ciharus dari Gunung Rakutak, kita akan melewati aliran sungai yang jernih nan indah tak lupa juga lebatnya hutan yang akan kita susuri, merupakan keindahan alam yang sangat dinanti oleh para sahabat petualang. Sekilas mengenai Gunung Rakutak, Gunung ini mempunyai ketinggian 1921Mdpl. Sama halnya dengan Gunung Semeru yang memiliki Ranu Kumbolo, sebuah danau yang indah, yang menjadi destinasi incaran para pendaki. Gunung Rakutak pun memiliki keindahan yang serupa, setelah melangkah menyusuri jalanan kita akan disajikan dengan keindahan danau Ciharus ‘ Ranu Kumbolonya Jawa Barat’. Semuanya ini merupakan keindahan Indonesia yang patut untuk kita banggakan dan jaga.

DANAU CIHARUS

AWAL PERJALANAN GN. RAKUTAK

-   Jumat 31-Agust-2013

#Tripdadakan seperti biasanya semua dilandaskan dengan niat baik dan kebersamaan, meeting point di Terminal Pasar Rebo pukul 23.00. Selepas kerja, saya pulang untuk mengganti baju dan mempersiapkan hal2 yang harus saya bawa untuk pendakian. Meskipun gunungnya tidak terlalu tinggi namun tetap perlu bagi kita untuk tetap memperhatikan Safety Procedure untuk pendakian “Dimanapun kita mendaki, Berapapun ketinggian Gunung yang kita naiki, kita harus menyiapkan segalanya dengan sebaik mungkin”, hal yang tetap harus diperhatikan jika kita ingin kembali dengan selamat. Sesampainya di Pasar Rebo, saya dan sahabat yang berjumlah 8 orang, memulai perjalanan dengan meninggalkan pasar rebo menuju terminal Leuwi Panjang dengan menaiki Bus AC dengan tarif Rp. 50.000. Selama perjalanan tersebut, kami tidak lupa untuk istirahat karena kami berencana untuk memulai pendakian kami Sabtu pagi pukul 7.30 WIB.

-       Sabtu 1-Sept-2013

Setibanya diterminal Bandung jam 4:00 Wib kita langsung mencarter Angkutan kota menuju kaki Gn.Rakutak Kecamatan Pacet dengan biaya Rp.150,000 untuk 8 orang besarta isinya :D setibanya pukul 5:00 Wib kita sempatkan dahulu untuk shollat subuh dan makan sarapan nasi Kuning, Rp. 6,000 porsi sangat banyak telor/Ayam tingal memilh lauknya :D setelah jam 7:00 Wib kita akhirnya melanjutkan pendakian menuju pos Pendakian Gn. Rakutak  untuk pendaftaran dan ijin untuk mendaki, tidak dipungut biaya tapi kami memberikan uang sukarela untuk kebersihan dan fasilitas Pos Pendakian disana kita berkenalan dengan Kang Agus  dan mengantarkan kita sampai tempat awal pendakian dan melintasi ladang petani , tak lupa kita membeli nasi Kuning di bungkus untuk kitamakan persediaan makan siang pas dipuncak Gn. Rakutak nanti.

POS SEKRETARIAT HIMPALA RAKUTAK

Dalam perjalanan menuju puncak Gn.Rakutak kita melewati ladang dan tingginya pohon alang-alang diusakan mengunakan baju lengan panjang, celana panjang serta sepatu trekking, untuk mendaki karna medan yang cukup menguras tenaga dan tajamnya daun alang-alang dan lebatnya hutan serta jalur pendakian yang menyusuri aliran Sungai yang basah dan lumpur, dengan jalur yang cukup menanjak sampainya kita di pertengahan jalan seperti biasa kita bercengkrama dan beristirahat, sesaat  sambil menikmati teh hangat dan kopi, sambil memandang kota bandung dari ketinggian pesona indahnya dan kita bersyukur bisa menikmatinya.

ISTIRAHAT BERSAMA

Setelah beristirahat kita melanjutkan perjalanan menuju tegal Alun atau Buper “Bumi Perkemahan Gn. Rakutak “ Sempat kami disini duduk dan membaca serta tertawa karna bumi perkemahan dengan ketinggian 1750 Mdpl butuh tenaga ekstra untuk camping ceria di Tegal alun bagai mana tidak karna mata air memang ada tapi sangat luar biasa untuk mengambilnya, hehehehehe J bisa kalian rasakan sensasi saat mengambil stock air dalam perjalanan kita harus menuruni dengan trekking yg terjal dengan kemiringan 60-75 derajat dan jarak sekitar kurang lebih 500M bersyukur karna cuaca hari itu cerah jadi kendalal dalam pendakian bisa teratasi.

POS TEGAL ALUN 1750Mdpl

Setelah cukup kita beristirahat kita melanjutkan kembali perjalanan menuju Puncak ke 2 Gn.Rakutak tipe trekking yang sama menanjak dan hutan terbuka dan lebat akhirnya kita sampai dan menikmati nasi kuning yang kita bungkus untuk makan siang kami bersama.

PUNCAK 2 GN. RAKUTAK

Setelah kita makan dan berfoto-foto bersama kita melanjutkan perjalanan menuju Puncak Utama Gn. Rakutak dan disinilah perjalanan yang indah dan meningkatkan Adrenalin dengan jalur kanan kiri jurang persis pendakian Gn. Merbabu disini kita merasa kita dekat dengan Tuhan, sang maha pencipta selain kita bersyukur dan berdoa karna jalur yang cukup menantang dan keindahan alam yang terlihat dari puncak Gn.Rakutak.

PUNCAK GN. RAKUTAK VIEW DANAU CIHARUS

PUNCAK UTAMA GN. RAKUTAK

Waktu sudah cukup siang dan perjalanan kita masih jauh karna tujuan akhir kita melintas sampai Danau Ciharus kita kembali bersiap dan melanjutkan perjalanan kembali, dipandang dari puncak Gn. Rakutak ke Danau Ciharus kita masih harus melewati perbukitan dan jalur air yang cukup panjang serta kita ber 8 belum pernah menuju sampai danau Ciharus dan ini perdana kita melintas bersama sampai danau Ciharus. Dalam perjalanan menuju danau Ciharus trekking cukup panjang dan medan serta jalur yang bercabang jika menemukan per 3an ambillah kekanan dan terus jangan mengambil ke kiri dan jangan turun ke aliran sungai tapi lurus terus dan sampai menemukan aliran sungai ikutin sampai titik terakhir danau Ciharus dari per 3an sampai danau Ciharus membutuhkan waktu normal 2-3 jam.

DANAU CIHARUS - END POINT

Jagalah kebersihan alam kita karna kita tinggal bukan sendiri, dimana kita melangkah bersama disanalah kebersamaan terus terjaga, senyum kita mencerminkan kebahagiaan karna susah, senang, sedih, dalam perjalanan menjadi kesatuan dalam menjalain kekompakan serta saling bertoleransi antar sesama dan tanpa memandang dengan siapa kita melangkah bersama, Terimakasih untuk Sahabat Adi, Kris, RidwanTaufik, Bawing, Diana, Alin, Saya Bowo, Ragil. Next Destination With #Tripdadakan

Senin, 11 Februari 2013

#Tripdadakan dari Sahabat untuk Sahabat

AWAL TERBENTUK #TRIDADAKAN "Semua Bisa Diatur"

Pantai Sawarna Tempat wisata yang lengkap dengan keindahan alam yang sayang untuk di lewatkan disinilah #Tripdadakan Part 1-3 serta awal terbentuknya, bermula dari tali silahturahmi perjalanan para pendaki Gn.Rinjani, dan melakukan explore bersama Pantai Sawarna dengan dadakan tanpan direncanakan hingga terbentuk  dari pembicaraan kehagatan malam bersama, dipingir pantai Pasir Putih Sawarna dan muncullah #Tripdadakan “Semua Bisa Diatur” sahabat terjalin tidak direncanakan, Sahabat yang solid terbentuk seberapa besar Toleransi kita kepada sesama dan saling menghargai karna Dadakan bukan berarti berantakan oleh karna itu #Tripdadakan muncul dari ide sahabat Thanks to Hariez, Anton, Netri, Anggi, Sonny, dan saya Bowo, tak lupa Master Pak Guru Eka :) dengan ini semoga jalinan Tali Silahturami selalu terjaga dan diberikan keberkahan bersama,seiring setiap perjalanan yang kita lalui bersama karna :
  •          Bukan Sejauh mana kaki kita melangkah untuk pergi.
  •          Bukan Setinggi mana Gunung yang kita daki.
  •          Bukan Sedalam mana laut yang kita salami.
  •          Bukan Seberapa jauh Lautan kita sebrangi.
  •          Bukan hanya menikmati tempat yang kita kunjungi.

Melainkan semua itu mengajarkan kita untuk lebih belajar Dewasa dan menghargai diri sendiri dan orang lain sekeliling kita yang saling mencintai dan menyayangi untuk sesama serta Lingkungan, dan pastinya #Tripdadakan juga selalu berusaha menjaga keindahan dan melestarikan alam, Karna begitu Indahnya INDONESIAKU yang sesungguhnya untuk kita nikmati sekarang dan untuk masa depan selanjutnya dan tidak ada kata bosan jalan untuk mengelilingi INDONESIAKU :)

PAGI PANTAI PASIR PUTIH SAWARNA

MENIKMATI KEBERSAMAAN

MALAM BERSAMA MELEPAS RINDU

ARTI DARI KEBERSAMAAN

TEAM #TRIPDADAKAN " Semua Bisa diatur "

Pantai Sawarna & Goa Lalay #Tripdadakan

#Tripdadakan kembali menuju perjalanan Bayah kabupaten Banten tidak hanya yang terkenal Pantai pelabuhan ratu saja melainkan Pantai Sawarna Lanskap keindahan alam terselip yang menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, Berlangit Biru nan indah, dengan air laut biru jernih dan berbukit hijau nan lebat. Di hiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten dan ini lah yg membuat kecintaan akan alam Indonesia.

Pantai Sawarna, berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi sebelum kita memasuki pantai pasir putih benar saja, kita sudah di sajikan perjalanan yg indah adanya Jembatan Gantung, penghubung untuk menuju pantai sawarna.

PANTAI PASIR PUTIH

Setelah memasuki Pantai Pasir Putih yang terbentang luas, saya merasa lepas dari penat dan pikiran yg mengendap selama beraktifitas sehari – hari, karna di sajikan putihnya pasir pantai, birunya langit, membentangnya pantai yang sangat luas serta deburan ombak yang bergemuruh, pastinya sangat cocok untuk yang suka surfing dan pastinya tidak ketingalan untuk kita hunting foto karna disetiap perjalanan menceritakan kesan dan cerita sendiri.

Banyak orang tidak mengetahui Pantai Sawarna, dengan saya menuliskan di blog #Tripdadakan ini semoga pantai ini menjadi daya tarik sahabat traveling untuk bisa meluangkan liburannya ke Pantai sawarna, karna mempunyai pesona yang cukup menarik dan indah. Pantai Sawarna menyajikan pantai yang landai dan pasir putih. Di sepanjang pantai, terdapat karang besar yang indah, biasanya dikenal dengan nama Tanjung Layar.  Kita juga dapat merasakan snorkeling untuk menyapa beragam ikan hias dan terumbu karang, Tidak hanya Pantai Swarna karna masih banyak lagi Pantai yang kita bias kunjungi untuk menemukan keindahannya antara lain di Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Teluk Legon Pari.

KARANG TANJUNG LAYAR

Sebelum kita keasikan dengan keindahan Pantai Pasir Putih Sawarna setalah menjelang sore kita bias menyisiri patai sambil berjalan kaki dan tidak lupa membawa kamera untuk mengambil keindahan untuk dokumentasi dan menantikan matahari terbenam di Tanjung Layar sebagai salah satu Icon Pantai Sawarna yang sayang untuk kita lewati karna pemandangan yang indah menjelang matahari terbenam ( Sunset / Sun Down ) apa lagi pada saat surutnya air laut kita bias berjalan menuju Tanjung layar dengan mudah dan menikmati deburan ombak yang menghantam karang pastinya sangat sayang untuk tidak di dokumentasikan, * walaupun sedikit membuat jantung berdebar karna ombak yang deras.

TANJUNG LAYAR

-) Tidak lupa juga Karna di Pantai Sawarna ini kita di suguhkan berbagai macam obyek wisata yang sangat lengkap bagi sahabat traveling, tidak perlu kita jauh – jauh keluar negri atau pun berlibur dengan biaya yang mahal, karna #tripdadakan  “ Semua bisa Diatur” seperti beberapa Goa disekitar pantai menambah daya tarik pantai ini, goa yang berbeda ukuran dapat Anda kunjungi seperti : Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Lawuk, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil.

Goa dikawasan Sawarna merupakan Goa dengantipe bebatuan Stalakmit dan stalaktit maupun karst (batu gamping) yang terbentuk dari proses alam yang cukup lama dilihat dari bentuk nya yang alami. Maka dari itu Pantai Sawarna masuk dalam salah satu 7 kategori “The Hidden Paradise’ di Indonesia versi On the Spot trans 7 menarik bukan untuk kita list di agenda perjalanan kita nantinya

PERJALANAN MENUJU GOA LALAY
    Seperti biasa sahabat, tidak hanya menuju Pantai Sawarna yang langsung di sambut dengan jembatan gantung, tapi tidak kalah menarik juga saat #Tripdadakan menuju Goa Lalay, kita juga langsung disajikan pemandangan yang indah dan traking yang cukup menantang dan asik karna kita melewati pematang sawah yang luas, dan tidak kalah menarik kita juga melawati arus sungai yg airnya jernih hem… sangat seru dan di pikiran terasa ingin sekali sampai di Goa Lalay karna dari awal kita selalu mendapatkan perjalanan yang sangat seru dan mengejutkan,

Sesampainya di Goa Lalay bahasa sundanya (Goa Kelelawar) yang terletak di kaki Bukit Pasir Tangkil yang termasuk daerah Kampung Cipanas di kawasan wisata Swarna, kita bisa traking jalan santai, dari Pantai Pasir Putih menuju ke Goa Lalay dengan jarak 2 KM, ternyata benar saja kita sudah di sajikan pemandangan mulut Goa yang menakjubkan tanpa menunggu lama kita bersiap – siap untuk masuk ke dalam Goa, peralatan pun kita siapkan pastinya #Tripdadakan menyediakan head lamp dan senter ke setiap sahabat traveling, setelah memasuki dalam mulut Goa Lalay kita sudah mulai basah - basahan, kaki kita sudah terendam air, dasar dalam Goa yang kita lewati bertipe lumpur dan waspada licin, bentuk mulut Goa cukup besar tapi makin kita kedalam menyusuri mengecil dan didalam cukup luas untuk kita hunting foto, keadaanya pun pastinya gelap karna sama sekali tidak ada sinar matahari yang masuk, selain itu informasi yang kita dapat ternyata mata air Goa lalay juga memberikan manfaat kepada warga sekitar karna mata air Goa Lalay mengairi irigasi sawah penduduk sekitar dan pastinya kita juga menghimbau, kepada sahabat traveling untuk selalu juga menjaga kebersihan dan merawat kelestarian alam karna selain kita traveling, kita tidak hanya menghibur untuk diri kita melainkan kita juga membaur dengan alam dan tidak hanya menikmati tapi juga mencintai.